https://pontianak.times.co.id/
Berita

Presiden RI Jokowi Ingatkan Kepala Daerah soal Tanggung Jawab Jabatan

Kamis, 15 April 2021 - 13:30
Presiden RI Jokowi Ingatkan Kepala Daerah soal Tanggung Jawab Jabatan Presiden RI Jokowi di Istana negara. (FOTO: Setkab RI)

TIMES PONTIANAK, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan pertemuan secara virtual para kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak pada Desember 2020.

Penerima Greatest Honorary Award 2020 Anugerah TIMES Indonesia (ATI) ini mengingatkan, mereka harus melakukan kerja-kerja yang inovatif, karena sudah diberikan amanah oleh masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta kepala daerah jangan main-main.

"Satu hal yang saya ingatkan kepada para kepala daerah, bahwa jabatan yang mereka emban adalah kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar," kata Presiden Jokowi, Kamis (15/4/2021).

Karena itu, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, mereka bekerja tidak boleh sekadar mengikuti prosedur dan rutinitas belaka, melainkan harus berorientasi pada hasil. Kepala daerah jangan puas dari membaca laporan, tetapi harus memantau langsung di lapangan.

Ia menegakan, para kepala daerah harus membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas yang jelas. Terkait anggaran, para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut dari pada membagi-baginya ke banyak kegiatan kecil.

"Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat," jelas yang juga mantan Wali Kota Solo itu.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Kepala Negara meminta para kepala daerah untuk memanfaatkan APBD mereka dalam membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi.

"Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pontianak just now

Welcome to TIMES Pontianak

TIMES Pontianak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.