https://pontianak.times.co.id/
Berita

Helikopter Pembawa Presiden Iran Jatuh

Senin, 20 Mei 2024 - 09:11
Helikopter Pembawa Presiden Iran Jatuh Helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi dan sejumlah pejabat Iran lainnya terhempas di dekat Jolfa, 600 kilometer barat laut Teheran pada hari Minggu. (FOTO: Tehran Times)

TIMES PONTIANAK, JAKARTA – Helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi dan sejumlah pejabat Iran lainnya terhempas di dekat Jolfa, kota di perbatasan dengan Republik Azerbaijan, sekitar 600 kilometer (375 mil) barat laut Teheran, pada hari Minggu.

Raisi sedang melakukan perjalanan di provinsi Azarbaijan Timur saat peristiwa itu terjadi.

Di dalam helikopter juga ada Menteri Luar Negeri Iran. Hossein Amir Abdollahian, gubernur provinsi Azarbaijan Timur, serta pemimpin salat Jumat di Tabriz.

TV nasional Iran melaporkan, insiden tersebut terjadi akibat kabut tebal di wilayah tersebut, sehingga menyulitkan tim pencarian dan penyelamatan.

Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengungkapkan kekhawatirannya atas kejadian tersebut dan mendoakan kesehatan bagi presiden.

Dia juga meminta masyarakat Iran untuk tidak khawatir dengan insiden tersebut, dan mengatakan tidak ada gangguan yang akan terjadi dalam pengelolaan negara.

Mantan Presiden Hassan Rouhani juga menulis dalam postingan di X, mendoakan kesehatan bagi Presiden Raisi dan delegasi pendampingnya, dan mengatakan bahwa dia dengan tulus berharap presiden akan kembali ke pelukan bangsa.

Puluhan tim pencarian dan penyelamatan telah dikerahkan ke kawasan hutan dan pegunungan, tempat helikopter tersebut jatuh. 

Menurut Razieh Alishvandi, seorang pejabat Masyarakat Bulan Sabit Merah, empat tim penyelamat khusus telah mendekati lokasi kejadian.

Namun, katanya, karena curah hujan, cuaca dingin, dan letak geografis pegunungan, operasi pencarian memakan waktu lama.

Kepala Operasi Penyelamatan Masyarakat Bulan Sabit Merah, Babak Mahmoudi mengatakan kepada ISNA, bahwa setelah beberapa jam tim penyelamat telah mencapai dekat dengan lokasi yang seharusnya.

Raisi berada di Azarbaijan Timur pada Minggu pagi untuk meresmikan bendungan bersama Ilham Aliyev, presiden Republik Azerbaijan. 

Menurut TV tersebut, Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan, helikopter tersebut terpaksa melakukan "pendaratan darurat yang sulit" karena cuaca buruk. 

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri telah memerintahkan Angkatan Darat, IRGC, dan Polisi untuk mengerahkan seluruh kemampuannya untuk membantu menemukan helikopter yang membawa presiden dan tim pendamping.

Sejumlah negara juga langsung  bereaksi dengan menawarkan bantuan terhadap insiden helikopter tersebut setelah helikopter yang membawa Presiden Raisi dan menteri luar negerinya itu melakukan pendaratan darurat di daerah pegunungan di barat laut Iran.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dalam sebuah postingan di X mengatakan, "Menyusul laporan bahwa helikopter yang membawa Presiden Iran dan menteri luar negeri terpaksa mendarat secara tidak terduga dan kondisinya belum jelas".

"Bersama dengan negara-negara anggota UE dan mitranya, kami memantau situasi dengan cermat," tulisnya.

Anggota Biro Politik Hamas Palestina, Izzat al-Rishq mengatakan pemikiran gerakan ini ada pada persaudaraan bangsa Iran.

Dia berdoa untuk kesejahteraan presiden, menteri luar negeri dan orang lain yang berada di dalam helikopter itu 

Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev juga menyatakan keprihatinan mendalam atas laporan tersebut.

Ia menyuarakan kesiapan Baku untuk memberikan segala bentuk dukungan dalam operasi penyelamatan dan penelitian.

Dalam postingan di X-nya, Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengaku terkejut dengan berita yang datang dari Iran.

"Pikiran dan doa kami bersama Presiden Raisi, Menteri Amir Abdollahian dan semua orang lain yang dilaporkan berada di lokasi," tambahnya.

Armenia sebagai tetangga dekat dan ramah Iran juga menyatakan siap memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk operasi pencarian dan penyelamatan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya juga mengikuti dengan cermat laporan kemungkinan pendaratan darurat sebuah helikopter di Iran yang membawa presiden dan menteri luar negeri Iran.

"Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut saat ini," kata Deplu AS.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif juga melalui X mengungkapkan keprihatinannya atas insiden tersebut dan menyampaikan harapan baiknya kepada Presiden Raeisi.

"Menunggu dengan sangat cemas kabar baik bahwa semuanya baik-baik saja. Doa dan harapan terbaik kami menyertai Presiden Raisi dan seluruh bangsa Ira," tulisnya.

Dalam sebuah postingan di X, Presiden Pakistan Asif Ali Zardari juga mengatakan dia “sangat prihatin” dengan berita kecelakaan itu dan menyatakan harapannya untuk presiden dan menteri luar negeri Iran.

“Doa tulus saya dan harapan baik saya untuk kesejahteraan dan keselamatan Presiden Raeisi sehingga ia dapat terus mengabdi kepada bangsa Iran,” tulisnya.

Perdana Menteri Irak, Mohamed Shia al-Sudani juga menawarkan bantuan kepada negara tetangganya, Iran, dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Juru bicara pemerintah Irak, Bassem al-Awadi dalam sebuah pernyataan, menurut Tekan TV, Sudani telah menginstruksikan kementerian dalam negeri, Bulan Sabit Merah Irak dan otoritas terkait lainnya untuk menawarkan sumber daya yang tersedia kepada Republik Islam Iran untuk membantu pencarian pesawat presiden Iran.

Presiden Irak, Abdul Latif Rashid juga mengatakan di akun X-nya bahwa dia telah melakukan percakapan telepon dengan Duta Besar Iran untuk Baghdad Mohammad Kazem Al-e Sadeq untuk mengetahui perkembangan terkini seputar insiden tersebut.

Ia menyatakan dukungan dan kesiapan negaranya untuk memberikan segala bantuan yang mungkin dalam operasi pencarian.

Perdana Menteri India, Narendra Modi juga mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam atas pemberitaan mengenai jatuhnya helikopter presiden Iran.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Iran di saat-saat sulit ini, dan berdoa untuk kesejahteraan presiden dan rombongannya," tulisnya.

Arab Saudi menyatakan keprihatinan besar atas laporan media tersebut.

"Pada saat kami berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi presiden dan orang-orang yang mendampinginya dengan perlindungan dan perhatiannya, kami menegaskan kembali bahwa Arab Saudi mendukung Republik Islam Iran dalam keadaan sulit ini,” kata Kementerian Luar Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengumumkan kesiapan Riyadh untuk memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan lembaga-lembaga Iran.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia "sangat sedih" mendengar berita kecelakaan helikopter tersebut, dan menawarkan semua dukungan yang diperlukan untuk pencarian tersebut.

“Kami mengikuti insiden ini dengan cermat, melakukan kontak dan berkoordinasi dengan pihak berwenang Iran dan kami siap memberikan semua dukungan yang diperlukan,” tulis Presiden Turki di X.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Majed al-Ansar juga menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas insiden tersebut dan berdoa untuk kesejahteraan presiden Iran dan delegasi yang mendampinginya.

Ia juga mengumumkan kesiapan pemerintah Qatar untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Kepala bantuan kemanusiaan dan manajemen krisis di Komisi Eropa, Janez Lenarcic mengatakan dalam sebuah postingan di X, bahwa atas permintaan bantuan Iran, komisi tersebut mengaktifkan layanan pemetaan satelit mengingat kecelakaan helikopter tersebut.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres terus mengikuti perkembangan terkini mengenai kecelakaan tersebut. "Dia mengharapkan keselamatan presiden dan rombongannya," tambah juru bicara PBB dalam sebuah pernyataan

Kepala diplomat dari negara-negara Afrika juga menyatakan kekhawatirannya terhadap nasib presiden Iran.

Diantaranya adalah menteri luar negeri Mali, Burkina Faso, dan Sierra Leone; pejabat kementerian luar negeri dari Afrika Selatan, Gambia, Senegal, dan Ethiopia serta perwakilan Uni Afrika, serta ulama Syiah.

Menurut Nova News, Presiden AS Joe Biden juga dipanggil ke Gedung Putih untuk mendapat pengarahan mendesak menyusul laporan kecelakaan yang melibatkan helikopter yang membawa presiden Iran.

Dewan Keamanan Nasional tidak mengadakan pertemuan darurat mengenai kecelakaan helikopter yang melibatkan Raisi

Sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengalami insiden pada hari Minggu saat berkunjung ke barat laut negara itu, insiden tersebut dilaporkan terjadi akibat kabut tebal di wilayah tersebut.  (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pontianak just now

Welcome to TIMES Pontianak

TIMES Pontianak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.