Berita

Mahfud MD: Pemerintah Masih Akui AHY Ketum Partai Demokrat yang Sah

Sabtu, 06 Maret 2021 - 21:39
Mahfud MD: Pemerintah Masih Akui AHY Ketum Partai Demokrat yang Sah Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (FOTO: TEMPO/Maria Fransiaca Lahur)

TIMES PONTIANAK, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (MenkoPolhukam), Mahfud MD mengatakan, pemerintahan masih mengakui Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah.

Respon itu dikatakan setelah adanya Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan menunjuk Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat tandingan.

"Pengurusnya (Demokrat) yang resmi di kantor pemerintah adalah AHY, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," kata mantan Ketua MK itu dalam keterangan video, Sabtu (6/3/2021).

Diketahui, hingga saat ini, dari hasil KLB tersebut, belum diserahkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), untuk dimintai surat pengesahan. Oleh karena itu kata Mahfud, pemerintah sendiri belum bisa menentukan sikap atas KLB tersebut.

"Pemerintah akan menilai ini sah, ini tidak sah. Pemerintah berpedoman pada aturan-aturan," jelasnya.

Sebelumnya, Ketum Partai Demokrat, AHY sendiri sudah meminta Presiden RI Jokowi dan Menkumham Yasona Laoly untuk tak mengeluarkan surat pengesahan hasil KLB di yang resmi mengukuhkan Moeldoko sebagai Ketum periode 2021-2025. Hal itu dikarenakan, KLB tersebut adalah abal-abal dan menyalahi aturan yang sah. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pontianak just now

Welcome to TIMES Pontianak

TIMES Pontianak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.