Ekonomi

Soal Perpres Investasi Miras, Ketum PAN: Jangan Sampai Moralitas Bangsa Dikorbankan

Senin, 01 Maret 2021 - 17:26
Soal Perpres Investasi Miras, Ketum PAN: Jangan Sampai Moralitas Bangsa Dikorbankan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. (FOTO: ANTARA)

TIMES PONTIANAK, JAKARTA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan, perpres investasi miras, apapun alasannya, PAN tegas menolak.

Kata dia, pemerintah harus meninjau ulang lagi persoalan ini. Jangan atas nama investasi, moralitas bangsa dikorbankan, nilai-nilai agama diabaikan.

"PAN ini adalah partai yang meneruskan cita-cita para pendiri republik, di dalamnya termasuk para ulama. Garis partai ini jelas, sesuai asas partai, akhlak politik berlandaskan agama yang membawa rahmat bagi sekalian alam," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (1/3/2021).

Artinya, lanjut dia, PAN mengedepankan adab dan akhlak dalam berpolitik. Nilai-nilai perjuangannya dilandasi agama, tak boleh keluar dari sana. Tujuan besarnya adalah menjadi rahmat bagi sekalian alam, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan.

"Sesuai cita-cita besar dan visi kebangsaan kita," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengatur perizinan Investasi untuk industri minuman keras atau miras diberikan di empat provinsi. Itu tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken kepala negara pada 2 Februari 2021. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Empat provinsi yang dimaksud tersebut antara lain Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

"Persyaratan, untuk penanaman modal baru dapat dilakukan pada provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat," demikian bunyi di lampiran III Perpres Investasi Miras yang dikomentari PAN. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pontianak just now

Welcome to TIMES Pontianak

TIMES Pontianak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.